Monday 29 June 2009

Another new baby

Oke, bisa dibilang ini dream come true, tapi ya nggak gitu-gitu amat. Setelah sebiji digital camera menjadi teman baru dalam kehidupan saya, sekarang saya punya teman baru lagi yaitu seekor kucing Persia (short-hair) campuran berumur 3 bulan. Namanya Mao, I'm wondering, kalau ke dokter hewan ditanyain nggak sih nama kucingnya? Disuruh ngisi form nggak kayak nama lengkap kucing, tanggal lahir, alamat dsb. gitu?

Well, itu kucing sebenarnya punya adek saya. Dia dapet dari temennya yang mau berbaik hati merelakan satu dari lima anak kucing peliharaannya. Pertama kali datang, Mao dimasukin ke keranjang plastik dan kantong kresek. Tapi nggak diiket kreseknya, kantong kresek dipake buat menggantungkan keranjangnya ke stang sepeda adek saya. Ya, adek saya menjemput si Mao naik sepeda dari rumah majikannya yang lama.

Mao ketika baru mendarat di rumah saya

Begitu sampai rumah saya, Mao mengeong terus. Kelihatan banget dia asing sama rumah saya dan dia jelas banget kelihatan kehilangan keluarganya (sometimes I cry when I think about it). Saya elus-elus dia biar tenang tapi nggak lama karena saya nggak tahan sama bau keranjang plastiknya. Mungkin niatnya baik, majikan lamanya (baca: temen adek saya) ngasih ikan asin sebagai snack selama perjalanan ke rumah saya. Tapi saya nggak suka bau ikan asin, amis gila! Jadi saya pun duduk menjauh sambil mengamati kucing kecil yang mengeong sedih itu.

Sengaja nggak saya keluarin langsung dari kandang, karena saya pengen dia belajar sendiri mengenal lingkungan barunya. Jadi saya tunggu dan memang nggak lama karena kemudian Mao lompat dari kandang baunya dan mulai deh keliling ruang tamu saya :]

Crap!

Berdasarkan artikel dalam blog yang saya baca di internet, ada ciri-ciri kucing betina dan kucing jantan yang bisa dilihat dari tingkah laku dan kebiasaannya. Dan berdasarkan artikel itu, Mao berjenis kelamin jantan. Nggak heran kalau dia doyan lompat-lompat, lari-lari dan manjatin kaki kursi/meja yang dilihatnya (karena ini juga adek saya agak takut dekat-dekat dia kalau lagi on fire).

Karena dulu nggak punya mainan waktu melihara Snowy (dan kelinci-kelinci saya lainnya), jadi kita kebingungan mau ngasih mainan apa buat Mao. Bola kecil? bola terkecil di rumah saya adalah bola basket seukuran jeruk Bali, bisa-bisa Mao kelindes bolanya ntar. Jadi kita kasih dia kelereng mainan adek saya, eh kelerengnya cuma diliatin aja gitu menggelinding ke sana ke mari. Dia nggak berusaha ngejar seperti yang saya harapkan. Oke, ganti mainan! Saya inget kalau kucing doyan mainan benang, tapi sayang juga ngambil benang wol buat dicakar-cakar si Mao. Jadi saya ngambil kuncir sarung bantal yang udah nggak kepake dan ujungnya diikat benang buat pegangannya. Mao suka banget ngejar-ngejar kuncir itu sementara saya ngakak (nggak cuma ketawa lho!) iblis ngelihat Mao serius banget menaklukkan itu kuncir centil. I feel like playing God :]

I feel like a celebrity now!

Keadaan sekarang sih udah lumayan settled buat Mao, makanannya pake Whiskas kitten, dan badannya udah gemukan karena minumnya susu 2x sehari (saya aja kalah). Ini juga nih kesalahan adek saya, dia disuruh beli susu di Alfamart sama nyokap saya. Dia dikasih uang Rp 50.000, dan taukah susu apa yang dibeliin sama dia buat Mao? Susu Indomilk bubuk yang medium seharga Rp 23.000! Ada omega-3nya pula! Bisa lebih pinter dari saya jangan-jangan si Mao, gawat! Padahal nyokap saya udah nyaranin buat beli susu yang murah-murah dan dalam bentuk sachet, eh dibeliin yang lebih mahal dari jatah susu kami sebulan -,-'

Anyway
, kegiatan saya selama minggu kemarin jadi lebih berwarna dengan hadirnya Mao di rumah (ceile...). Bahkan ada agenda rutin: sekali dalam sehari saya harus main kejar kuncir sama dia. Asal tau aja, main kuncir yang cuma berusaha supaya Mao kesal dan mengejar serta mencakar si kuncir bikin kalori saya berkurang lho ahaha. Main minimal 15 menit aja udah bikin capek (emang nggak pernah olah raga sih...), belum lagi ngikutin Mao ke mana-mana untuk memastikan dia nggak mencakar atau mecahin perabot rumah (karena kenakalannya, dia udah mecahin satu pigora kecil yang nangkring di meja ruang tamu).

Mao juga suka ngikutin adek saya ke mana-mana, kayaknya sih dia terobsesi sama kaki manusia--terutama kaki bokap saya! Saya nggak tahu alasannya kenapa, yang jelas, dia PASTI ngikutin bokap tiap kali lewat di dekatnya. Setelah saya amati kenapa dia suka ngikutin dan mendekati kaki orang, ternyata dia menganggap kaki orang = kaki meja/kursi yang bisa dibuat ngelus kepalanya dan dia cakar! Cara bokap yang saya tiru kalau Mao mulai ngikutin kaki saya adalah mengelus kepala Mao dengan jempol kaki dan biasanya Mao bakal guling-guling manja minta dikelitikin :]

my new model :D

Anyway, saya juga jadi dapet objek memotret baru, sekaligus jadi bahan latihan motret ahaha. Ntar kalo udah nurut sama orang rumah, saya bakal motret dia dengan pose dan wajah yang lebih fotogenik ;p Kalau sekarang sih, kamera saya dikira mainan. Kalau saya membidikkan Lou di dekatnya, dia malah jalan ke arah saya dan pengen nyakar Lou. Oh NO!!! Jadi sementara ini masih candid kalau mau motret Mao -,-'

Sejauh ini saya masih harus rajin-rajin browsing buat info memelihara kucing ras (meski punya saya campuran, tapi tetep aja). Rujukan saya biasanya sih blog-blog orang yang udah ahli memelihara kucing atau website-nya makanan kucing. Kadang juga nanya-nanya sama temen yang juga melihara kucing ras. Mungkin ada saran ke mana saya harus berguru? :]



4 comments:

  1. aaawwww,lucu bangetttttttttttttttttttttttttttttttttt

    ReplyDelete
  2. hoho iyaa
    apalagi kalo lagi maen ama dia :D

    ReplyDelete
  3. Dear, mao-nya lucuuuuuuuuuu bangeeeeettttt!!!!!!! huhuhu.... jd pgn punya kucing gini, tapi mahaaaaalllll.
    Jawab pertanyaan ttg dokter hewan. Kucing anggoraku yg di rumah kediri dulu prtama ke dktr hewan disuruh isi gitu. ditanya silsilah, sertifikat juga. tp kl g ada juga gpp kok

    ReplyDelete
  4. nothing more cute than my bunny, not even Mao ;]

    well, kemaren pas ke dokternya siy jg gt, kinda funny at first ahaha

    pulang2 dia wangi banget dan bulunya lembut kyk boneka, jd pengen meluk2 :D

    ReplyDelete

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin