Monday, 2 February 2009

Twilight Saga


Penulis Stephenie Meyer
Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Akhirnya selesai juga namatin seri ini! Alright, now I'm trying to give a point of view about how worth this series for you to read. Sebelumnya, saya akan kasih sedikit sinopsis mengenai garis besar cerita yang fenomenal ini. Twilight berkisah tentang hubungan asmara seorang gadis manusia dengan seorang vampir, forbidden love of course. Dengan status hubungan mereka yang terlarang dan berbahaya itu beragam masalah bermunculan yang intinya berusaha memisahkan mereka berdua. 

Di luar itu, cerita yang didasarkan pada legenda kuno rakyat setempat tentang makhluk penghisap darah itu juga menghasilkan hal-hal baru yang tidak pernah ada pada catatan sejarah apapun sebelumnya dan hanya sedikit sekali saksi. Masalah-masalah ini muncul ketika Bella Swan mengenal Edward Cullen dan akhirnya jatuh cinta padanya. Sebagian besar pihak dari dunia vampir, kurang setuju dengan keputusan Edward untuk berhubungan dengan Bella karena itu akan membahayakan status keberadaan mereka. Tapi Edward bersikeras mempertahankan orang yang paling dicintainya itu karena ia tidak bisa hidup tanpanya, begitu pula sebaliknya.

Berikut ini saya berikan sedikit inti cerita dari masing-masing seri:
Twilight: Awal segalanya, pertemuan Bella dan Edward serta upaya pertama Edward melindungi dan menyelamatkan Bella dari serangan vampir lain. 
New Moon: Masa gelap Bella, juga Edward. Edward memutuskan meninggalkan Bella untuk kebaikan kekasihnya itu tapi keputusannya malah nyaris menghancurkan mereka berdua. 
Eclipse: Sekali lagi Edward berjuang melindungi Bella dari serangan vampir lain. Kali ini melibatkan musuh bebuyutan vampir, kawanan werewolves--yang salah satunya merupakan sahabat yang mencintai Bella, Jacob. 
Breaking Dawn: Penutup sekaligus awal kehidupan baru bagi pasangan Edward dan Bella. Keajaiban lahir dari pasangan ini, seorang bayi perempuan yang cantik yang dianggap berbahaya oleh dewan tinggi para vampir sehingga harus dibunuh. Edward, kali ini harus melindungi istri sekaligus putrinya.

Penulisan cerita terlihat sangat detail dengan kosa kata yang kaya sehingga mampu menggambarkan suatu peristiwa dengan sangat baik. Novel ini melibatkan adegan yang cukup banyak, sehingga pada versi filmnya kurang digambarkan secara keseluruhan karena terbatasnya durasi. Justru dengan banyaknya adegan-adegan kecil tersebut, cerita ini menjadi kaya dan sangat menarik untuk dinikmati. Penulis juga mencoba membuat suatu konsep yang seolah merupakan nilai yang sebenarnya mengenai vampir, penulis mencoba melawan konsep-konsep tentang vampir selama ini yang banyak diekspos di kalangan perfilman Hollywood serta menambahkan konsep baru yang mengagumkan (seperti vampir vegetarian--yang hanya minum darah hewan). Stephenie Meyer seolah membuat sebuah versi terbaru tentang vampir.

Oh dan baru saya sadari bahwa seri novel ini punya konflik yang berpola. Berikut ulasan saya:
Twilight: Pertarungan Edward dengan vampir lain
New Moon: Pertarungan Edward dengan Keluarga Volturi (dewan tinggi para Vampir)
Eclipse: Pertarungan Edward dengan vampir lain (ajang balas dendam pasangan vampir yang dibunuh Edward di novel pertama)
Breaking Dawn: Pertarungan Edward dengan Keluarga Volturi

Tentunya semuanya termotivasi dalam rangka untuk menyelamatkan dan melindungi Bella, juga keluarganya yang lain. This story might show you about perfection of a vampire and I admit it it's really dazzling :] But, for a sec, maybe you can see on how hard Edward trying to save and keep Bella from danger. It's a beautiful story I would say and I never regret read them like crazy everynight (and almost everytime) and get dazzled by Edward :]

Jadi, kesimpulan saya, kalau sudah bosan dengan Dracula, seri ini layak sekali untuk dikoleksi :]



Have fun collecting—and reading of course!

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin

Share