Monday 31 May 2010

Vice Versa

by Alanda Kariza
Published by Terrant Books


Berisi kumpulan 18 cerita pendek, Vice Versa merupakan pembuktian diri seorang Alanda Kariza. Sejujurnya saya belum baca novel perdana Alanda, Mint Chocolate Chips, jadi nggak bisa bikin perbandingan. Tapi kalau boleh berkomentar, apa yang ditulis dalam kumpulan cerpen ini akan membuat pembaca nggak menyangka penulisnya masih begitu belia.
18 kisah yang dituangkan dalam satu buku bertajuk Vice Versa ini memiliki tema yang sama, cinta. Tapi cinta yang seperti apa? Alanda mampu memformulasikan satu kata yang sangat umum menjadi tema cerita itu ke dalam berbagai sudut pandang. Pembaca diajak melihat makna "cinta" dari kisah-kisah yang ia tulis, yang memiliki perspektif yang berbeda-beda, yang membuat kita berpikir dan merenung, bahwa banyak hal mungkin terjadi atas dasar sesuatu sesederhana cinta :D
Kalau mau sekilas melihat penulisnya, mungkin kita bakal berpikir kisah yang ditulis adalah percintaan anak SMA atau nggak jauh-jauh dari itu. Well, I tell you, you're wrong! Alanda Kariza mungkin masih sangat muda, tapi dia mampu menuturkan cerita yang bisa dibilang dewasa, namun tidak menggurui dan tetap menghibur. Saya menyebutnya 'kisah-beranjak-dewasa', karena konflik-konfliknya dialami oleh tokoh dalam usia yang tergolong dewasa muda.
Karena tema utamanya adalah cinta, saya menemukan banyak kisah cinta yang manis sekali. Terasa real dan yah, nggak berlebihan. Just simply sweet.
Cerpen pilihan saya sih "Kamera" dan "Sirkuit". Lainnya juga bagus kok, ada yang lebih bagus malah. It's just, both stories hit me somehow ;]
Well, nggak rugi deh saya bela-belain pre-order langsung ke Terrant Books, bonus tanda tangan Alanda pula! Makin kagum saya sama Alanda Kariza setelah baca hasil karyanya :D

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin