Saturday 24 January 2009

[RECIPE] Cupcake, cupcake!

Yeah, akhirnya saya keturutan juga bikin cupcake! Tanpa bantuan nyokap sama sekali!!! Am I great? Am I great? huh? huh? HUH??

Well, agenda saya di minggu kedua liburan saya yang long lasting ini *lebay* adalah bikin cupcake. Kalo bikin pancake udah hampir tiap pagi saya bikin buat sarapan, sekarang saya mau bikin cupcake yang kalo kamu coba googling gambarnya pasti langsung ngiler.

Resepnya sebenernya juga hasil browsing, tapi nggak di Google. Melainkan di Youtube. Lho kok? Iya, emang sih kita bisa cari resep apapun lewat Youtube. Tips make make up aja ada kok, apalagi resep memasak. Tapi gimana caranya bisa tahu kalo hasil resepnya itu reliable alias bisa dipercaya? Hmm... saya kenalin sama professor saya, Nigella Lawson. Video-nya bisa dilihat di Youtube atau mungkin bisa koleksi resep-resepnya di situsnya. Kalau di rumah langganan TV kabel, bisa juga ikutin acaranya di Discovery Travel and Living. Honestly, she's the one makes me do this crazy little thing called baking :]


Alright, selain bisa nonton videonya, berikut ini saya tuliskan resepnya buat yang kurang bisa memahami video Nigella di atas.


Hiasan:
meses
sprinkles
chocochip

Cara membuat:
1. Masukkan bahan sesuai urutan di atas kecuali susu putih cair, aduk adonan sampai merata baru kemudian tuangkan susu sambil terus diaduk.
2. Olesi cup di dalam cetakan dengan mentega sampai merata. Hal ini tidak perlu dilakukan, kalau cup yang digunakan adalah aluminium cup.
3. Tuangkan adonan ke dalam cup sampai setengahnya, karena adonan akan mengembang ketika dipanggang.
4. Panaskan oven kemudian masukkan cetakan ke dalamnya dan panggang sampai sekitar 20 menit.
5. Di 10 menit pertama, silahkan dicek kematangannya. Tusuk kue terdekat dengan tusuk gigi atau tusuk sate, lihat apabila ujung tusuk menyisakan adonan mentah berarti kue belum matang tapi kalo hanya sekedar basah kemungkinan kue sudah hampir matang.
6. Bila sudah matang, angkat kue dan keluarkan dari cetakannya dengan bantuan spatula kecil bila sudah dingin.
7. Sekarang kita buat icing-nya, aduk putih telur dalam mangkuk sampai berbusa kemudian masukkan gula halus dan cuka. Aduk sampai merata.
8. Siapkan beberapa mangkuk kecil, sesuaikan dengan jumlah warna yang ingin digunakan dan tuang adonan icing ke mangkuk-mangkuk tersebut.
9. Teteskan pewarna yang berbeda di masing-masing mangkuk dan aduk sampai warna merata. Jangan meneteskan pewarna terlalu banyak bila ingin warna pastel (muda).
10. Oleskan icing berwarna tadi di atas kue dengan bantuan sendok teh supaya lebih cepat. Pastikan icing merata di seluruh permukaan kue.
11. Terakhir, taburkan hiasan di atasnya sesukamu. Nggak cuma hiasan yang sudah saya sebutkan di atas yang bisa digunakan, tapi bisa juga ditambah hiasan menggunakan spread icing atau coklat cair.
12. Selain menggunakan icing, di video juga dijelaskan tentang penggunaan coklat untuk cover kue. Panaskan susu di atas panci dan masukkan coklat yang sudah diparut atau dipotong-potong supaya lebih cepat meleleh.
13. Nggak perlu terlalu lama, angkat panci dan aduk sampai merata. Kemudian tuangkan di atas kue sampai merata di seluruh permukaannya. Bisa juga ditambahkan hiasan sprinkles.
14. Cupcake pun siap dinikmati.

Tips: lakukan pembuatan icing dengan cepat karena icing cepat mengering.

Khusus waktu mengoleskan icing di atas kue, saya dibantu oleh adik saya yang waktu itu lagi asyik main game di laptop saya. Seperti yang udah saya bilang, pembuatan dan pengolesan icing harus cepat karena cepat kering. Well, it's kinda fun in this part because you can spread any color that you want and put any sprinkles on the top of the cake. My lil brother enjoy it!


Oh, mungkin yang udah nonton videonya agak bingung ngelihat catatan saya. Ada sedikit improvisasi emang, kalau Nigella memberikan pilihan antara vanili untuk kue putih dan coklat bubuk untuk kue coklat tapi saya memasukkan keduanya dengan porsi yang sudah dikira-kira sebelumnya. Lalu untuk resep icing, mungkin gampangnya bisa aja beli tepung icing di toko bahan kue. Anyway, resep icing yang saya tulis di atas itu merupakan resep ala Bude saya yang cetakan cupcake sekaligus cup-nya udah saya rampok :]

Total budget semuanya sih cuma Rp 8000, soalnya saya cuma beli susu dan menteganya :] Lainnya ambil stok di dapur dan bahkan sprinkles, pewarna biru sama gula halusnya disumbang sama Bude saya hehe. Maka, kalau kamu punya saudara atau bahkan nyokap yang pinter masak, bersyukurlah kalo kamu pengen bikin makanan apapun. Karena mereka selalu punya stok di dapur, jadi kamu bisa hemat pengeluaran buat beli bahannya. Ini tips juga anyway!

Okay, I'm done here and it's time for you to try out what I've done and of course you can tell me later. Have fun baking!

3 comments:

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin