Monday, 17 November 2014

[DIY] Jar & Can Recycle

Hi all,

Beberapa waktu lalu saya pas liburan setelah Report Day di kantor, libur seminggu kalau nggak ngapa-ngapain sayang juga kan? Jadi saya putuskan buat mulai 'bikin-bikin' lagi setelah sekian lama vakum #cailah :p

Cerita dikit, dulu jaman masih kuliah dan sekolah saya suka banget bikin pernak-pernik DIY gitu. Biasanya yang fungsinya buat hiasan, pokoknya yang lucu-lucu gitu deh. Saya pernah bikinin washii buat 11 orang sahabat saya segeng pas kuliah plus 2 orang keponakan partner in crime saya ;) Dengan berbahan kertas majalah bekas yang sayang kalau dibuang, akhirnya saya bikinin pembatas buku berwujud washii yang lucu.

Sebelum ada modem sendiri, saya banyak menghabiskan waktu bikin yang lucu-lucu dengan peralatan seadanya. Kadang juga melukis atau ngelemesin tangan dengan bikin sketsa wajah cover sampul majalah gitu :D

Lama-lama sejak lebih sering pegang laptop daripada pegang kuas, akhirnya hobi 'bikin-bikin' saya teralihkan. Belakangan lagi pengen balik lagi membuat sesuatu yang lucu dari barang-barang yang udah nggak kepake tapi sayang kalau dibuang.

Iseng browsing di Pinterest dan nemu deh macem-macem toples selai yang dicat warna-warni gitu. Sayangnya, dari sekian banyak tutorial yang ada, nggak ada yang nyebutin dong itu pake cat apa. Khusus buat kaca atau boleh pake cat apa aja -_-" Disebutin merk-nya tapi saya nggak yakin cat-cat tersebut tersedia di negara kita :s


DIY Jar & Can Recycle 03
Akhirnya saya browsing lagi soal cat yang bisa diaplikasikan ke botol kaca dan nggak sengaja nemuin post di blog gitu yang bilang kalau botol kaca bisa dicat pakai cat minyak. Saya cari deh cat minyak saya di dus perlengkapan melukis dan ternyata catnya nggak ada! >.< Padahal kuas masih lengkap, cat air saya juga masih ada di dalamnya. Hilangnya sepaket cat minyak ini misterius sekali, padahal pas pindahan kos - rumah saya nggak misahin dari dusnya :(

Karena udah nyari sana-sini nggak ketemu, saya putuskan buat beli baru aja. Saya beli cat minyak merk Marie's dan minyak pengencer merk Astro (iya, merknya mirip kayak cat gabus itu) di Togamas waktu hari pertama liburan. Sekalian ke kampus mau ambil ijazah, tapi belum jadi ternyata -_-"

Baiklah, cukup deh ceritanya. Sekarang kita bahas ke proses pembuatannya yuk...

ALAT & BAHAN
  • Kuas lukis ukuran sedang (sesuaikan dengan ukuran media lukis)
  • Selotip bening (ukuran kecil)
  • Palet atau piring plastik (disarankan bekas, pokoknya jangan dipakai makan)
  • Lem UHU
  • Gunting
  • Cat minyak (saya pakai merk Marie's)
  • Minyak pengencer cat (saya pakai merk Asturo)
  • Spidol besar (saya pakai merk Sharpie) warna hitam atau warna lain sesuai selera
  • Toples selai kaca
  • Kaleng keripik kentang atau cookies (pendek/kecil)
  • Kertas stiker polos warna putih
  • Pita aneka warna
HOW TO
1 - Clean the jar and can. 
Pastikan toples dan kaleng yang akan dipakai bersih dari bekas produk yang sebelumnya ataupun debu. 
2 - Cover the part you don't want to paint with sellotape. 
Seperti toples yang saya buat, bagian atasnya nggak dicat. Maka saya tempelkan selotip di sekeliling toples, tepat di tengah-tengah badan toples. Gunanya untuk memberi batas area yang dicat dan supaya hasil garisnya lebih lurus dan rapi. Oh ya, pastikan nempel selotipnya nggak miring yaa. Jadi tinggi bagian yang dicat sama rata, nggak bergelombang alias beda tinggi di setiap sisi karena selotipnya melingkar nggak lurus :p
3 - Mix the colors you want on the palette. 
Pada kedua media ini saya pakai warna yang sama yaitu turquoise, pale pink dan putih (buat toples). Warna turquoise dibuat dari warna putih (paling banyak, biar hasilnya pastel), hijau dan sedikit biru. Kalau pale pink sih sedikit warna merah dicampur sama warna putih yang banyak. Campur hingga warnanya merata dan jangan lupa tambahkan minyak pengencer supaya waktu mengoles lebih smooth dan cat nggak terlalu kental. 
4 - Paint your jar/can. 
Oleskan cat pada area yang diinginkan. Mewarnainya emang nggak bisa sekali oles langsung kelihatan solid, perlu beberapa kali oles. Terutama mengecat toples selai, harus pelan-pelan biar hasil catnya halus dan nggak bolong-bolong. Intinya sih kudu telaten dan sabar ;) Ini juga berlaku di media yang licin seperti kaleng tapi yang nggak dilapisi kertas luarnya (contoh: kaleng susu, kaleng biskuit, dll.). Kalau kaleng keripik kentang kan ada kertasnya tuh, jadi cenderung lebih mudah meski juga nggak bisa cuma sekali oles aja :) 
DIY Jar & Can Recycle 01
5 - Leave it dry (under the sun is recommended) for about 1 week. 
Waktu pengeringannya cukup lama emang. Kalau cuaca cerah, saya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu hingga cat benar-benar kering dan nggak lengket lagi. Kalau pas lagi mendung kayak beberapa hari belakangan, sering-sering aja ngecek karena biasanya setelah seminggu teksturnya masih agak lembab meski udah kering. Jadi proses penjemurannya bisa lebih lama :/ Kalau pas lagi ada matahari, langsung deh jemur selama mungkin, pokoknya catnya kering crisp ;)
DIY Jar & Can Recycle 02
6 - Take off the sellotape once it's dry. Then start drawing. 
Ketika cat udah bener-bener kering, lepas deh plesternya tadi. Trus, kita bisa mulai menggambar badan toples/kaleng dengan spidol. Buat motif sesuka hati, tapi usahakan bertema biar hasilnya cantik dan nggak terkesan asal-asalan. Meskipun DIY, tapi boleh dong kualitas kayak beli jadi ;)  
DIY Jar & Can Recycle 04
DIY Jar & Can Recycle 05
DIY Jar & Can Recycle 06
7 - Decorating time! 
Kelar menggambar motif, sekarang saatnya nempel-nempel. Buat toples selai, saya nggak nempelin apa-apa sih karena dia ditaruh di dapur jadi saya bikin sesimpel mungkin.
DIY Jar & Can Recycle 07
DIY Jar & Can Recycle 08
Khusus buat kaleng, saya hias karena bakalan dipajang di meja rias. Jadi kudu kece! :D Saya bikin label nama ala label tag masa kini kayak di scrapbook gitu, bikinnya ya digambar gitu di kertas stiker trus digunting dan tepinya diwarnain hitam pake spidol besar. Kalau nggak pede, ya googling aja label model begini > print di atas kertas stiker > gunting ikuti pola. Trus tambahin pita lucu warna senada biar makin cute ^^ Khusus buat pita, saya nempelnya pake lem UHU. Kalau mau pake lem tembak juga monggo :D Ide lain sih bisa ditambahin manik-manik atau glitter biar lebih semarak :p 
DIY Jar & Can Recycle 10
DIY Jar & Can Recycle 09
8 - Furnish if it's necessary. 
Oh ya, sebelum ditempelin ini-itu, kalau pengen awet bisa lho disemprot dulu sama cat bening. Nanti hasilnya lebih glossy juga ;) Pastikan buat menutupi area yang nggak ingin disemprot sebelum mulai mengecat.
Gimana? Gampang kan? :D Sekarang saya lagi proses bikin "Jar & Can Recycle" batch 3 dengan warna yang berbeda. Ketagihan cuy! :D Liat pernak-pernik dekorasi rumah yang lucu-lucu, yang ternyata bisa dibikin sendiri dengan alat dan bahan yang ada di rumah. Semuanya kalau emang niat pasti ada jalan *benerin peci* :')

DIY Jar & Can Recycle 11
Kalau kamu suka atau hobi bikin barang-barang unik melalui recycle, sering-sering main di Pinterest deh. Mungkin beberapa bahan nggak kita temui di Indonesia, tapi selalu ada alternatif asal kita jeli dan kreatif nyarinya ;)

Kalau ada pertanyaan atau pesanan #eh, bisa tinggalkan pesan di bawah yaa! ^^

Have fun! :D




NINDY

17 comments:

  1. lucu plus kreatip! :D

    tapi, di rumahku banyak toples kue yang bulet itu :((

    cat asturo bisa untuk plastik kan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sari,

      Makasi yaa :) Sebenernya sih mau toples yang gimana2 sesuai kebutuhan aja dan kreativitas kita. Coba deh ke Pinterest dan iseng aja search DIY Home Decor gitu, nanti pasti ketemu ide2 yg nggak terduga ;)

      Aku pernah ngecat kemasan stipo pake Asturo (buat keperluan MOS adek hehehe) dan hasilnya susah rata :/ Tapi begitu kering jadinya matte bagus nggak glossy gitu.

      Kalau mau sih, bisa coba aja dan lihat hasilnya. Waktu itu aku ngecatnya asal-asalan aja, ngeburu waktu juga ahaha

      Have fun! ^^

      Delete
  2. I liked the holder you have made for your makeup brushes. Looks very lovely.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's my favorite too, beside the coffee jar ^^

      Delete
  3. Hai Nindy! Kesasar sampai di sini nih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaaii, Sab! :D

      Makasi udah mampir yaahh :D

      Delete
  4. aku punyaa jar nganggur juga... bikin ah, kayaknya gampang banget. thx ya

    ReplyDelete
  5. lagi nyari DIY dari kaleng gini :D .
    cute bgt hasil nya ^^

    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. seneng banget nemu blogger indo yang bikin diy & craft kaya gini >.<

    iya bener banget itu pinterest tempat nongkrong paling asik buat cari ide diy :D

    kreatif !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you :)

      Iya bener banget, Pinterest adalah tempat yang inspiratif buat nyari ide apapun :D

      Delete

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin

Share