Thursday 13 January 2011

Why did the chicken browse the social media?

Penulis: Diki Andeas
Penerbit: Elexmedia Komputindo

Bold
Buku-buku mengenai social media belakangan ini memang berjamur di rak-rak toko buku. Meskipun mungkin ada ratusan, tapi kontennya kurang lebih juga tidak jauh beda. Perbedaan itu hanya saya temukan pada cover dan judul hehe. Well, kenapa lalu saya menjatuhkan pilihan pada buku ini? Kejadiannya juga nggak sengaja, tangan saya reflek mengambil buku yang panjangnya melebihi lebarnya ini dari rak bagian buku komputer. Saya pikir ini buku apa kok ada di rak buku komputer? Ternyata komik, eh tapi komik kok nyangkut di rak buku komputer? Bosen gaul sama Tsubasa dan Doraemon mungkin.

Lalu saya baca judulnya, wah tentang social media nih, unik juga dibikin komik. Tanpa pikir panjang saya masukin itu buku ke keranjang belanjaan, padahal saya masih punya 4 buku di list belanjaan. Ya, saya ngorbanin list belanjaan demi komik social media yang iseng saya comot dari rak buku.

Gimana isinya? Saya akan bagi pendapat saya menjadi dua perspektif.

Pertama dari sudut pandang pembaca yang awam mengenai social media. Menurut saya dengan media komik pembaca bakal merasa lebih fun dalam memahami topik bacaan dan nggak ngerasa digurui. Apalagi disertai komik strip yang singkat tapi menghibur banget dalam menggambarkan rangkaian penjabaran di atasnya. Dari segi konten, isinya cukup jelas, kalimatnya mudah dipahami dan gaya bahasanya nyantai nggak kaku. Selain itu, informasi yang disampaikan juga lumayan lengkap. Situs-situs yang dibahas juga merupakan situs-situs yang memang umum dikunjungi pengguna internet sekarang ini, jadi pembaca bisa langsung nemuin praktek konkritnya karena situsnya sudah familiar.

Kedua, sebagai pembaca yang sudah pernah mengunjungi nyaris semua situs yang disebutkan di komik strip ini, saya masih merasa terhibur dengan hadirnya komikstrip yang gokil dan sejujurnya menambah pengetahuan saya akan fakta-fakta di dunia maya mengenai social media. Nggak cuma blog buat nulis curhatan, twitter buat update status, facebook buat ngumpulin temen-temen lama. Tapi juga berita mengenai situs-situs itu sendiri dan keterkaitannya satu sama lain. Menarik, kalau boleh saya bilang. Fun tapi tetap berkualitas. 

And finally, I gotta say you must have this comicstrip! No matter you are a junior or a senior in this cyber mother world
 ;D

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin