Tuesday, 24 March 2015

RECIPE | Mashed Potato

Hi everyone,

Long weekend kemarin saya sempetin bikin-bikin makanan karena udah lama banget rasanya saya nyoba-nyobain resep baru yang saya temuin. Karena lagi tanggal tua, jadi nggak bikin resep yang membutuhkan banyak bahan atau menggunakan bahan yang premium alias harganya mahal.

Sebelumnya saya udah pernah bikin mashed potato, dulu banget jaman masih sekolah kayaknya. Tapi rasanya nggak enak dan di luar perkiraan saya, waktu itu make resep dari majalah Gogirl!. Padahal, resep-resep dari Gogirl! nggak satu-dua aja yang pernah saya cobain. Sering banget saya praktekin resepnya dan rasanya pun baik-baik aja. Entah kenapa itu resep mashed potato gagal total waktu saya praktekin -_-* #lackofskill

Karena sekarang sumber informasi lebih canggih dan resep bertebaran di internet, saya googling deh resep mashed potato yang dapat dipercaya. Nemu 1 resep yang nggak memasukkan susu/krim ke dalamnya, saya pakai resep itu deh akhirnya. Dengan pertimbangan, saya eneg aja ngebayangin kalau kentang dikasih susu/krim gitu :/ Tapi ini masalah selera, kalau suka ya monggo ;) Oh ya, resep ini juga nggak pakai biji pala atau nutmeg yang juga sering diikut sertakan dalam resep mashed potato. Karena saya lupa masukkinnya hahaha! #alesangamutu

Baiklah, sekarang kita masuk ke resepnya yuk! ;)


ALAT:
2 Mangkuk makan (1 untuk melembutkan kentang, 1 untuk sajian)
2 Sendok makan (1 untuk melembutkan kentang, 1 untuk sajian)
1 Parutan Keju
1 Pisau
1 Panci steam/Dandang (untuk mengukus kentang)

BAHAN:
1 buah Kentang (sekepalan tangan orang dewasa)
2 sendok makan Margarin (saya pakai BlueBand)
Keju (parut) - secukupnya (saya pakai Kraft Cheddar)
Garam - secukupnya
Merica - secukupnya

CARA MEMBUAT:
  1. Cuci kentang lalu kupas kulitnya hingga bersih. Potong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian kukus di dalam dandang hingga matang (tekstur lebih empuk), kurang lebih 15 menit.
  2. Sambil menunggu kentang matang, siapkan bahan campurannya. Parut keju (sesuai selera) di atas mangkuk, dibanding menanmbahkan garam untuk menguatkan rasa, saya lebih suka menambah porsi keju parutnya. 
  3. Lalu tambahkan margarin. Jumlah margarin disesuaikan dengan besar/banyaknya kentang. Semakin besar/banyak jumlah kentang yang dipakai, sebaiknya juga diimbangi dengan jumlah margarin yang dimasukkan. Tekstur yang pas sih seperti bikin adonan perkedel gitu, mushy. Nggak terlalu creamy tapi nggak terlalu padat juga.
  4. Taburi sedikit garam dan merica sesuai selera.
  5. Ketika kentang sudah matang, dinginkan terlebih dahulu. Paling nggak sampai udah nggak berasap lagi ;)
  6. Masukkan kentang sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk yang ada campuran keju tadi. Haluskan dengan menggunakan sendok makan (mengikuti saran di resep utama hehe). Tambahkan kentang hingga habis.
  7. Setelah kentang halus, icip dulu rasanya. Apakah udah pas gurihnya? Pedasnya? Kalau belum, bisa tambahkan keju/garam serta merica lagi.
  8. Sajikan hangat bersama sup sebagai hidangan sampingan :) (sup ayam jagung paling pas deh! hehe)


*** 

Satu buah kentang berukuran sekepalan tangan yang saya pakai di resep di atas, bisa disajikan untuk 2 orang. Karena ini bukan hidangan yang bikin kenyang, jadi kalau banyak-banyak bisa bikin eneg buat yang nggak biasa ;)

Soal supnya, itu bukan bikinan saya hehehe Nyokap kebetulan bikin dan saya juga lagi pengen bikin mashed potato ini. Klop deh! :D Karena sup jagung ini cukup populer dan udah banyak yang bikin, mungkin bisa pakai resep sup andalan masing-masing :)

Selamat mencoba! ^^

 photo Signature_name_zps3edzggir.png

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin

Share