Sunday, 4 January 2015

RECIPE | Mulberry Frozen Yogurt

Mulberry Frozen Yogurt Recipe

Hello again! :D

Saya beli buah Mulberry waktu jalan-jalan ke pasar Songgoriti bareng nyokap beberapa waktu lalu [ here ]. Waktu itu saya nggak tahu namanya buah apa, karena bentuknya unik jadi saya beli aja :D Belinya di bapak-bapak tua yang duduk di tangga pasar gitu, jualannya cuma Mulberry sama stroberi aja :)

Nyokap beli stroberi 2 pak mika gitu, karena nggak tau reputasi si Mulberry dan takut nggak doyan akhirnya saya beli 1 pak aja. Kalau tau bisa dibikin froyo begini, saya pasti beli lebih dari 1 pak >.<! #telat

Long story short, setelah beli dan bingung mau digimanain, saya browsing resep di Pinterest. Beberapa waktu sebelumnya saya pernah nemuin resep froyo stroberi [ hereand it inspires me to find the similar recipe for Mulberry.

Karena nggak tau ini buah apa, tadinya saya pikir ini Blackberry. Beneran nggak kepikiran namanya Mulberry, sampai nyokap nyeletuk setelah froyo-nya jadi LOL! :D Kenapa nggak mungkin Blueberry? Karena saya tau bentuk buahnya mirip anggur yang bulet-bulet gitu.

So, how did I figure out that it's Mulberry, not Blackberry? Of course, Google. D'oh! [ here ]

Yaudah deh, langsung aja yuk masuk ke resepnya sebelum pada ngiler :p


ALAT:
1 Sendok Makan
1 Mangkuk kecil
Juice Blender/Food Processor
Cetakan Es/Popsicle  atau lunch box 

Mulberry Frozen Yogurt Recipe
BAHAN:
5 sendok makan Madu (saya pakai Madurasa)
200ml Plain Yogurt (saya pakai merk Bio Kul, karena murah! :D)
1 pak Mulberry (bekukan   masukin ke dalam freezer sebelum diolah)
1 sendok makan Air Lemon (bila perlu)

CARA MEMBUAT:
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
1. Belah buah lemon jadi dua bagian lalu peras dan ambil airnya. Lemon mudah membusuk setelah dikupas, jadi peras semua airnya hingga tak bersisa ke dalam mangkuk. Sisihkan. 
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
2. Masukkan Mulberry yang udah dibekukan ke dalam blender/food processor dan tambahkan yogurt ke dalamnya. 
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
3. Lalu tambahkan madu. Beberapa merk madu memiliki tingkat kemanisan yang berbeda, pastikan untuk mencicip madunya dulu sebelum menuangkan ke dalam blender/food processor. Madurasa nggak terlalu manis (buat saya), jadi saya masukkan 5 sendok makan (resep asli hanya 2 sendok makan). Bisa juga lebih kalau masih kurang manis, tapi saya masih ingin rasanya seperti froyo pada umumnya. Jadi saya pertahankan rasa asamnya sedikit. 
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
4. Ambil 1 sendok makan air lemon dan masukkan ke dalam blender/food processor. Saya hanya mengikuti resep aslinya, seandainya bahan ini di-skip pun nggak akan mempengaruhi rasa sebenernya. Toh rasa asli Mulberry sudah asam, jadi peran air lemon sepertinya supaya rasanya segar aja.  
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
5. Tutup lid pelindung blender dan tekan tombol berkecepatan rendah. Blend hingga buah menyatu dengan yogurt serta bahan-bahan lainnya. Nggak butuh waktu lama sih karena bahan-bahannya pun kan lunak. Pastikan untuk mencicip dulu sebelum dituang, apabila kurang manis bisa ditambah madu dan bila kemanisan bisa ditambah air lemon. 
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
6. Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan ke dalam cetakan es atau kotak makan. Lalu simpan dalam freezer hingga beku. 
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
7. Menurut resep asli, froyo ini bisa bertahan hingga sebulan.
Mulberry Frozen Yogurt Recipe
Resep ini buat saya cukup untuk 4 cetakan es dan separuh kotak makan mini :D Jadi kalau pengen disajikan dalam jumlah banyak, tambahkan takarannya aja ;) Jangan khawatir, rasanya bisa diketahui dengan mencicip terlebih dahulu setelah bahan-bahan tercampur rata dan belum dibekukan.

Sisa air lemonnya di kemanain? I will give you another recipe for a lemon punch ;)

Kalau beli lemon berukuran besar, sisanya bakal banyak banget dan itu sekitar 100ml. Tuang ke dalam gelas berukuran besar, tambahkan air (200ml) dan gula hingga rasanya nggak terlalu asam lagi. Aduk hingga gulanya larut. Again, selalu icip dulu sebelum disajikan. Tambahkan es batu atau simpan dalam lemari es hingga dingin. And that's it! :D Resep lemon punch ini bisa disajikan untuk 2 porsi gelas besar atau 4 porsi gelas ukuran sedang :)

Mulberry Frozen Yogurt Recipe
Now it's your turn to try the recipe and tell me how you're doing it, ok? :)
See you on another recipe, folks! ^^


2 comments:

  1. Kyyyyaaaaa~ looks so yummy
    Mau coba bikin ah, kmren2 jg bikin pisang beku jg ky gini, baru tau kalau nm kerennya itu froyo #haha :p

    Kindly visit my blog
    Btw aku lg ngadain giveaway lhoo.. ikutan yuk! ;)
    http://dhe-ujha.blogspot.in/2014/12/giveaway-first-anniversary-giveaway.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Froyo is Frozen Yogurt, itu istilah lama sih karena froyo sendiri udah booming di kebanyakan mall2 dengan beragam merk :)

      Delete

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin

Share