Saturday 4 July 2015

#TERUSBERGEGAS | Kado Untuk Blogger by GagasMedia


Hai semua,

Hari ini saya mau menjawab tantangan dari GagasMedia nih; Menjawab 12 pertanyaan yang diberikan oleh tim GagasMedia. Ah, kalau jawab pertanyaan doang mah gampaaaaaang! Anak kecil juga bisa...

Eits, jangan keburu takabur dulu! Tadinya saya pikir juga begitu, tapi setelah ngejalanin sendiri, ternyata banyak yang kudu diinget-inget lagi dan dipikirin cyiiiin >.<! Saya ngerjain 12 pertanyaan ini selama 2 hari di sela-sela waktu kantor hehehe Bukan apa-apa, wifi internet kantor saya cepet banget, jadi enak kalau dipake browsing dan ngambil-ngambil gambar gitu ;)

Anyway, post ini saya buat dalam rangka memeriahkan ulangtahun GagasMedia yang ke-12. Tua juga ya ternyata? Bener-bener nggak terasa, udah 12 tahun aja. Udah mau masuk SMP ;) #eh

Semoga di usianya yang ke-12 ini GagasMedia makin keren dengan nerbitin buku-buku yang menarik dan unik. Salah satu hal yang saya suka dari GagasMedia adalah penerbit yang satu ini sering nih nerbitin buku-buku luar yang bagus-bagus dan anti-mainstream. Trus cara mengemas sampul bukunya juga selaluuuuuu bikin pengen noleh dan pegang bukunya buat dilihat lebih dekat :D

Sayangnya, buku-buku GagasMedia agak susah ditemui di toko buku kesayangan saya, Togamas. Jadi kalau beli buku terbitan GagasMedia, kudu ke Gramedia dulu -_-" Semoga suatu saat, buku-buku GagasMedia bisa saya beli di Togamas deh. Amiiiiiiiiiinnn :)

Baiklah, tanpa ba-bi-bu lagi, langsung masuk aja yaa ke pertanyaannya. Mariiiiiiiiiii! ^^


1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!

1. Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela - Tetsuko Kuroyanagi
2. Kiki Strike: Petualang Kota Bayangan - Kirsten Miller
3. The Wednesday Letters (Surat Cinta di Hari Rabu) - Jason F.Wright
4. Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran - Mark Haddon
5. The Mediator: Shadowland (series) - Meg Cabot
6. The Geography of Bliss - Eric Weiner
7. Sabtu Bersama Bapak - Adhitya Mulya
8. All Those Things We Never Said - Marc Levy
9. A Little Princess - Frances Hudgson Burnett
10. Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Toer
11. Seluas Langit Biru - Sitta Karina
12. Aerial - Sitta Karina

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?
Sabtu Bersama Bapak - Adhitya Mulya 
Sebenernya udah pernah saya bahas alesannya panjang-lebar di review post buku ini [ here ]. But to sum it up, I'll write it down here ;) Kisah tentang relasi Father-Daughter selalu bikin saya tertarik, because it feels emotional and I can relate to the story (even though it's not the whole thing)

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
“Whatever comes," she said, "cannot alter one thing. If I am a princess in rags and tatters, I can be a princess inside. It would be easy to be a princess if I were dressed in cloth of gold, but it is a great deal more of a triumph to be one all the time when no one knows it.” 

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo , berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya. 
Aozora Syahrizki (Sora). Dia ini adalah karakter dari novel karya Sitta Karina yang berjudul "Seluas Langit Biru". 
Because I'm everything in Bianca Hanafiah LOL! :p Saya merasa punya kesamaan karakter dengan Bianca ini, I feel like I'm related to this character. Keras kepalanya, interest-nya, attitude-nya, style-nya... I mean, he attracted to Bi in the storySo, I guess, that'd do the logic. Besides, Sora is everything I look for in a future life partner ;)

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
Pada dasarnya saya nggak terlalu mengingat detail cerita sebuah novel, let alone soal ending-nya. Tapi buku yang satu ini proses bacanya lama dan saya bener-bener nggak nyangka kalau ending-nya akan jadi demikian. 
Ending novel "A Little Princess" yang ditulis oleh Frances Hudgson Burnett ini membuat saya berpikir bahwa untuk mendapatkan reward yang melimpah itu prosesnya luar biasa. Waktu awal baca buku ini saya pikir Sara (tokoh utamanya) akan hidup bahagia dengan keluarga adopsi yang belum dikenalnya. That simple. Tapi ternyata ada hal-hal tersembunyi yang disimpan baik-baik oleh penulis dan dikeluarkan dengan 'greget' di bagian akhir cerita. Akhir yang demikian ini meninggalkan kesan yang heart-warming buat saya, karena udah memberikan sebuah pelajaran besar dari seorang anak kecil yang bijaksana sekali untuk usianya :)

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?
Sebenernya nggak terlalu inget karena, jujur aja, saya jarang perhatiin penerbit buku yang saya beli/baca :p Lebih ngeliatin ke penulisnya sih atau sinopsis ceritanya. But, if I really have to answer this question, saya pilih:
Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh - Raditya Dika
Seinget saya, buku ini saya baca kali pertama waktu SMP atau awal SMA gitu. Pokoknya masih remaja :p Buku ini dulu booming banget di kalangan anak muda masa itu, jadi nggak gaul kalau sampai nggak baca! :p Karena tertarik 'promosi' teman yang persuasif sekali nawarin saya buat baca buku ini, akhirnya saya pinjem deh bukunya dari dia. Sejak itu, saya mulai ngikutin kisah Raditya Dika di buku-buku selanjutnya. Kali ini nggak minjem lagi, beberapa beli kok LOL! :D

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?
Judulnya intriguing. Itu juga yang jadi alesan kenapa saya beli buku ini, lihat judulnya aja saya udah pengen baca. Melalui judulnya, rasanya kayak nemuin buku life guide to be a woman gitu LOL! Dan bener aja, buku ini seperti kumpulan isi majalah wanita yang dirangkum jadi artikel-artikel yang selalu bisa dibaca ulang kapanpun juga. Especially for women. Mulai masih gadis sampai yang udah lanjut usia, semua dibahas di sini ;) 

8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
Magic or Madness by Justine Larbalestier
Tema cover-nya photogenic. Bagus buat dijadiin apapun sebenernya, nggak cuma buat sampul buku aja. Bisa jadi pajangan dinding kalo digedein ukurannya, wallpaper handphone atau properti foto pun. Warnanya juga mendukung mood yang dibawa gambar ilustrasinya, overall look-nya dapet banget. Sesuai dengan kisah yang tertulis di dalamnya.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Romance, definitely! :D Apapun background-nya, selama ada kisah romansanya saya akan cenderung tertarik buat baca. It brings out the sensitive part of me :') 

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu kamu mau apa?
Meg Cabot dan Sitta Karina. Udah lama pengen banget ketemu mereka berdua ini, karena saya udah baca buku-buku mereka dari jaman saya masih sekolah dulu #ketauantua 
Terutama Meg Cabot nih. Agak ngayal emang karena dia penulis dari USA dan penulis asing rasanya hampir nggak pernah ada yang bikin tour sampai ke Indonesia :( #sadfact Buku-buku Meg Cabot ini udah saya baca sejak masih SMP dulu, sampai sekarang pun masih tetep baca buku-buku terbarunya. Apalagi seri Princess Diaries, it's like growing up together with the character, karena buku terbarunya berjudul "Royal Wedding" ;) 
Kalau Sitta Karina, dia ini penulis dengan kisah termanis dan ternyata yang pernah saya baca. Rasanya seperti baca kisah hidup beneran gitu saking real-nya. Saya kurang tau alesannya, tapi Sitta Karina ini setau saya baru ngadain meet & greet dengan penggemarnya baru-baru ini. After all these years of being an author. Itupun masih di sekitar Jakarta gitu, while I live far away on the east coast. Semoga bisa ketemu someday, karena saya punya banyak pertanyaan buat ditanyain LOL! ;) 
But when these women do a book road show someday, saya mau ngajakin ngopi-ngopi bareng trus saya pengen tanya-tanya soal karakter-karakter favorit saya; tentang gimana awal mulanya kepikiran bikin karakter tersebut, gimana ngatur setting yang warm dan real dan hal-hal soal penulisan novel yang saya masih penasaran. Soalnya dulu sempet nulis, dengan bantuan e-book guide dari Sitta Karina and it helped me A LOT! 

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
I'll go for Buku Cetak (kertas)! All the way! Membaca melalui layar elektronik bikin mata saya lelah karena warnanya putih gitu kan and I think it's too bright for a long term, reading. Jadi, saya lebih suka baca buku fisik karena lebih nyaman buat mata saya. And nothing can beat a tall shelf full of books, right? Nobody will be proud of having an e-book collection, but it will be a different story when it's a physical book collection, don't you think? ;)

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
Outstanding Creative Sweet Fun
Life Lesson Beautiful Global
Young Entertaining Update Modern


***


Buat yang mau ikutan, masih ada waktu lhooo! Buruan bikin post-nya dan langsung ikuti persyaratan yang bisa dilihat di gambar yang saya cantumin di atas.

Have a nice weekend, everyone! :)


 photo Signature_name_zps3edzggir.png

4 comments:

  1. penulis favorit kita sama, Sitta Karina :)
    Btw cara mosting tiga gambar berjejer gmn caranya ya? ak cuma bisa dua --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah toss dulu! :D

      Caranya pake magic! ;) Nggak ding, bercanda :p
      Aku masukin kode dan URL gambar manual (bisa search coding image dan center). Lalu ketika gambar udah muncul (bukan berupa kode lagi), tinggal diseragamin ukurannya biar bisa muat width post.

      Kalo cuma bisa dua ini maksudnya muat cuma 2 aja atau gimana? Soal size-nya tergantung ukuran width post di blog sih, kalo gambarnya kegedean ya nggak muat dibikin 3 :D

      Delete
    2. iya cuma muat dua kalo pake upload gambar seperti biasa, i see, kapan2 aku coba deh, makasih ya tipsnya :)

      Delete

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin