Tuesday, 25 November 2014

RECIPE | Home-made Churros

Hello again,

Kali ini mau share resep cemilan masa kini nih #cailah. Belakangan jajanan asal Spanyol ini lagi booming, kalau di Surabaya sih di jual di mall gitu. Kalau di Gresik ada penjualnya tapi pre-order dan bisa pesan minimal 1 jam sebelumnya gitu kayaknya. Belum pernah mesen mepet-mepet sih, soalnya saya belinya santai ahahaha Buat yang penasaran aslinya gimana sih si Churros ini, bisa dibaca di [ sini ].

Churros Recipe 07
Anyway, sebelum di Gresik ada penjual Churros, saya udah ngempet pengen bikin gara-gara baca resepnya di GoGirl! tahun lalu. Saya tau sih kalau di Jakarta udah booming lama, dasar emang east coast Jawa kan suka telat -_-* Nah, keinginan bikin itu nggak terlaksana juga, hingga kemarin Minggu (23/11) mendadak iseng pengen bikin-bikin. 

Kalau pengen bikin juga, bisa lanjut baca yaa ;)

ALAT:
1 Teflon cekung besar (untuk mengaduk adonan, diameter + 25 cm)
1 Teflon cekung ukuran sedang (untuk menggoreng, diameter + 20 cm)
1 Sendok makan
1 Spatula kayu
1 Spatula aluminium/kayu
1 Piring datar ukuran sedang
1 Gunting
1 Mangkuk ukuran besar (cukup buat satu porsi adonan)
1 Penjepit makanan (optional) [ lihat ]
2 Kertas/plastik contong/segitiga [ lihat ]
1 Spuit bergerigi dan berdiameter mulut besar [ lihat ], kalau di gambar sih idealnya pake yang 8B

BAHAN:
+ 200ml air matang
2 sendok makan gula pasir
1/5 sendok makan garam
4 sendok makan mentega (saya pakai Blue Band)
10 sendok makan tepung terigu Segitiga Biru
2 butir telur
Minyak goreng secukupnya
Gula bubuk secukupnya
Selai coklat secukupnya (saya pakai merk Morita)

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan air di dalam teflon besar dengan api kecil sambil masukkan gula, garam dan mentega. Masak hingga mendidih. 
2. Dengan api masih menyala, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula kayu hingga adonan tercampur rata dan nggak encer lagi.  
3. Setelah tepung udah tercampur dengan adonan basah, matikan api dan biarkan adonan hingga nggak terlalu panas. Adonan bisa dipindah ke mangkuk atau dibiarin di teflon. Biar cepet dingin sih dipindah aja, karena teflon menyimpan panas.
4. Sambil nunggu adonan dingin, bisa mulai nyiapin kertas contongnya. Karena kertasnya ada 2, biar mudah saya namain kertas A dan kertas B ya. Kertas A: gunting ujung kertas sedikit (pokoknya bisa dimasukin mulut spuit) dan masukkan spuit hingga mulutnya sedikit keluar. Kertas B: jangan digunting dulu ujungnya. 
Churros Recipe 01
Ini udah tinggal setengah, sisanya udah masuk kertas contong
5. Nah, ini alesan kenapa dibiarin dingin dulu. Tahap berikutnya adalah mencampurkan telur, kalau adonan masih panas nanti telurnya keburu jadi dadar di atas adonan :p Jadi pastikan adonan udah nggak berasap dan cukup hangat atau cenderung dingin. Masukkan telur satu per satu, lalu aduk lagi adonan hingga tercampur rata. 
6. Masukkan adonan ke dalam Kertas B dan sisakan bagian atas untuk pegangan. Oh ya, sisakan sedikit area kosong di ujung Kertas B ketika masukin adonan dan gunting area itu. Saya lupa motret bentuk jadinya, tapi biar nggak berimajinasi kira-kira bentuknya nanti seperti [ ini ]. Bagian ujungnya ada ruang udara, gunting area itu.Masukkan Kertas B ke Kertas A dan rapatkan bagian atasnya untuk pegangan. Hasil jadinya kurang lebih seperti [ ini ].
7. Panaskan minyak goreng di atas teflon berukuran sedang. Oh ya, teknik penggorengannya deep fry ya, jadi butuh minyaknya agak banyak dan sebaiknya teflonnya bukan yang datar dan agak cekung biar bisa menampung minyak yang cukup banyak. Saya sendiri nuang minyaknya sekitar 40% dari tinggi teflon, nggak banyak juga soalnya takut dimarahin nyokap :p Tapi segitu juga cukup buat deep fry, pokoknya sesuaikan sama cekungnya teflon.  
Churros Recipe 02
8. Sambil nunggu minyak panas, spetkan adonan di atas piring datar (sebaiknya plastik, biar nggak berat :p) hingga beberapa buah atau sampai piring penuh, tapi beri jarak. Soal ukurannya sih sesuai selera. Sebagai perbandingan: 5 cm >> cocok buat cemilan, sekali lahap (dan colek) habis, >5cm >> makannya bisa 2-3x gigit (dan colek) jadi agak lama. 
Churros Recipe 03
9. Kalau minyak udah panas, mulai masukkan adonan yang tadi udah disiapin di piring. Gunakan bantuan spatula (buat menggoreng) buat mindahin adonan ke wajan, soalnya lengket jadi biar cepet pake spatula aja. Gulung-gulung gitu di dasar piring, ntar dia jatuh sendiri ke wajan. Iya, piringnya dideketin ke wajan yaa... 
10. Sambil nunggu adonan matang, bisa disambi nyepet (apa yaa istilahnya?) adonan ke piring lagi. Sesekali cek adonan di wajan, bolak-balik biar matengnya rata. 
Churros Recipe 04
11. Ketika adonan udah matang (berwarna kuning kecoklatan), angkat dengan penjepit makanan dan tiriskan di saringan minyak atau piring besar yang dilapisi tisu. Kenapa pake penjepit makanan? Karena kalau ngangkat pake spatula itu minyaknya ikut keangkat dan bisa habis kalau terus-terusan keangkat -_-* Tapi kalau lebih suka pake spatula, ya monggo :) 
12. Lakukan tahap 9-11 hingga adonan habis. Sekarang buat taburannya, siapkan gula bubuk di piring besar (boleh bekas spetan adonan tadi) dan guling-gulingkan Churros yang udah mateng di atasnya sampai semua bagian tertutupi gula bubuk. 
Churros Recipe 05
13. Dan jadilah home-made Churros ala Chef Nindy :p  Sajikan hangat-hangat dan bisa dicocol selai coklat kalau mau rasa yang lebih nikmat :p 


TIPS:
1. Churros setelah beberapa jam nggak akan terasa crispy lagi. Saran saya sih, mungkin bisa disimpan di Tupperware atau wadah kedap udara biar tetap crispy lebih lama. 
2. Meski makanan ini ditaburi gula bubuk nantinya, tapi buat yang suka manis (kayak saya), adonan dasarnya (berdasar resep di majalah) masih kurang manis sih. Bisa tambahkan gula pasir 1 sendok lagi atau sesuai selera. 
3. Pilihan selai coklat bisa diganti coklat leleh, cheese spread, selai stroberi atau cocolan kue lainnya. Kurang cocok sih kalo dicocol sambel/saus/mayonaise gitu, karena ini bukan jajanan asin :/ 
4. Proses menggoreng bisa makan waktu lama dan panasnya itu super, sodara-sodara! Pastikan teflon penggorengan cukup besar jadi muat lebih banyak adonan. Tapi resikonya adalah minyak yang dipakai juga bakal lebih banyak ;) 
5. Teflon menggoreng bisa diganti panci berbahan teflon. Di rumah, nyokap biasanya pake panci teflon itu kalau deep fry. Cuma kemarin kebetulan pancinya lagi dipake, jadi saya pake teflon biasa yang bentuknya agak cekung. 
6. Ukuran mulut spuit berpengaruh pada besarnya Churros dan seberapa cepat adonan habis atau seberapa banyak Churros yang dibuat. Karena di rumah nemunya paling besar ya ini, satu resep ini jadinya banyak banget dan kecil-kecil. Ukurannya sedikit lebih kecil dari snack JetSet gitu deh kalo punya saya. Kata nyokap sih enak gedean dikit, saya juga pikir begitu. Tapi spuit yang mulutnya gede lagi raib entah di mana -_-*


Churros Recipe 06
Baiklah, sampai di sini ada yang udah ngiler? *dilap dulu gih!* :D Saya sih puas ya sama hasilnya, meski ukuran kurang gede dikit hahaha! Daripada beli (dan konon katanya yang dijual di Gresik beda sama yang dijual di mall di Surabaya), bikin sendiri bisa puas pilih-pilih dipping sauce-nya dan bisa puas makannya karena makan ini nggak bisa berhenti ngunyah. Beneran! :D

Churros ini saya bawa ke kantor kemarin (24/11) dan dimakan sama temen-temen, kata mereka sih yang ini lebih padet dan lebih enak daripada yang beli :p Meskipun udah nggak crispy, tapi tetep aja dihabisin. Entah mereka kelaparan atau emang doyan LOL! >.<

Kalau ada yang kepikiran mau bikin atau ada pertanyaan, bisa lho ninggalin komen di bawah :)


See you on the next recipe! ^^


NINDY

2 comments:

  1. Bisa dicoba nih resepnya :) Cukup kreatif

    -www.fkrimaulana.blogspot.com-

    ReplyDelete

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin

Share