Tuesday 16 March 2010

Letters, Stories & Dreams


Penulis: Cassandra Niki
Penerbit: Terrant Books


Bercerita mengenai pengalaman hidup seorang Cassandra Niki selama 2 tahun terakhir (Oktober 2007 - Oktober 2009). Cassandra Niki atau yang akrab disapa Cassey ini menceritakan kisah hidupnya dalam buku yang mengadaptasi postingan blog pribadi yang sudah ia kelola sejak tahun 2008 itu.

Dalam bukunya, saya jadi belajar banyak hal. Saya jadi sedikit lebih mengenal Cassey, mengenal kehidupannya, keluarganya, impiannya melalui tulisan-tulisan singkat yang menghibur. Buku berjudul "Letters, Stories & Dreams" ini tidak hanya berisi cerita-cerita yang baik saja, Cassey juga menuliskan pengalaman-pengalaman buruknya. Momen di mana ia merasa jatuh, putus asa dan bersedih hingga kemudian ia berhasil bangkit menata hidupnya kembali, memandang masa depan sebagai harapan.

Cassey menulis dengan gaya bahasa yang orisinil, jujur dan khas seorang blogger yang ingin berbagi cerita dengan pembacanya. Meski dalam versi buku ini, Cassey menuliskannya dalam bahasa Indonesia (semua posting blognya ditulis dalam bahasa Inggris). Tetapi tidak menghilangkan gaya bercerita Cassey, pembaca seolah diajak terlibat-diajak bicara dengan mengikuti alur cerita yang dirajut Cassey.

Suatu kali sebelum novelnya keluar, saya pernah bertanya pada Cassey di formspring mengenai judul novelnya (kalau ada yang pernah baca, ya, itu saya yang tanya :]) dan Cassey menjawab bahkan menjabarkan satu-persatu makna 3 kata yang ia jadikan judul novelnya itu. Dan kini, saya akan menjabarkannya dalam versi saya ;]

Letters,
Baru kali ini saya mengenal seseorang yang, bisa dibilang, sudah sangat populer di dunia maya dan berani mempublikasikan surat cintanya pada dunia. Ya, SURAT CINTA! Tulisan yang sifatnya pribadi dan mungkin hanya Cassey, cowok yang diberi surat (FYI, dalam novel diberi nama Jonasbut you know who he is hehe) dan Tuhan yang tahu. Tapi kini, surat cinta itu sudah menjadi milik seluruh Indonesia. What an insane girl! (but in a good way).

Stories,
Kisah hidup yang jujur dan khas anak muda, proses berkembang dari seorang remaja yang baru akan lulus SMA hingga akhirnya menjalani hidup sebagai mahasiswa rantau yang jauh dari orangtua dan tidak kenal siapa-siapa di tempat yang benar-benar asing.

Dreams,
Khayalan murni yang akan sangat apik bila dijadikan sebuah cerita fiksi ;] (just an advice, by the way, Cas!). Cassey menuliskan kehidupan-kehidupan khayalannya dalam beberapa paragraf pendek dan kisah imajinernya itu pun sangat menghibur. Saya seperti lagi nonton film teen/chic flick favorit saya :D

Buku ini menjadi penghilang dahaga saya akan buku hiburan yang ringan tapi nggak murahan, secara hari-hari saya akhir-akhir ini sangat membosankan dan bikin cepet jenuh. Baca buku Cassey sukses memompa semangat saya dan saya nggak sabar buat menghabiskan buku itu. Jadinya, saya menghabiskan buku itu hanya dalam 2 malam aja. Maksudnya, saya bacanya cuma waktu malam doang, pagi sampai sore saya stuck di kampus dan di kantor.

Buat yang doyan baca kisah hidup orang lain, buku ini sangat direkomendasikan. Tapi jangan bayangkan membaca kisah hidup seperti biografi Anne Frank atau Pramoedya Ananta Toer ya! Ini murni kisah nyata yang ditulis dalam alur yang menghibur dan dengan cara yang lebih fun. Go grab and read it! :D



P.S.: info tambahan buat pembaca yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, klik di sini.

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin