Saturday 31 October 2009

A break is expensive, in my case

It's been a long time baby till I feel like this feeling is not good, it's not good to leave you like this. To make you feel alone for this long. Now I'm back and I'm not gonna go again.


Mengingat saya benar-benar tidak punya waktu tenang untuk menulis (untuk kepala saya sebenarnya), maka saya putuskan untuk menulis blog setiap akhir minggu. Saya akan usahakan selalu menulis setiap akhir minggu, jadi Senin pagi sudah ada tulisan baru untuk dibaca. Atau, yah saya bisa manfaatkan fasilitas Scheduled posting kan ;] (I love technology!)

Anyway, kegiatan magang masih sama seperti kemarin-kemarin, cuma intensitasnya jauh lebih meningkat sekarang. That's why I need to rest my head for a while -,-' Tapi, kabar baiknya, saya masih punya kesempatan buat main-main (tapi yang produktif). Kali ini tidak ada hubungannya dengan Photoshop atau kode-kode HTML, kali ini kemampuan bahasa Inggris saya yang akan diuji. Saya resmi bergabung menjadi salah satu kru majalah Art & Design, WOWMAGZ yang ber-basecamp di Malang. Posisi saya di situ jadi apa? Coba tebak! Kalo penasaran juga, langsung deh meluncur ke TKP-nya yah :]

Yap, untuk kedua kalinya saya menjadi anggota tim sebuah media cetak (WOWMAGZ cetak bukan yah?), dengan posisi yang berbeda namun keduanya benar-benar mengasah skill yang saya miliki dan berada di dunia yang saya cintai. What a perfect job!

Next pit-stop: a fashion magazine >> layout editor (AMEN!)


-- -- -- -- --


Salah satu assignment UTS saya adalah membuat Bab I penelitian kualitatif. Tugas yang satu ini cukup menyita pikiran saya, di saat, you know, ide-ide tidak selancar ketika saya sedang liburan dan tugas ini mengharuskan saya untuk mencari satu topik untuk dijadikan penelitian dengan teknik kualitatif. Shit!

Sekitar 3 minggu saya diam-diam memikirkan topik apa yang akan saya jadikan tema penelitian. Saya sudah buka semua indera saya untuk menangkap sinyal-sinyal inspirasi. But NONE. I've got nothing but stress. Sekalinya dapat insipirasi (yang kesannya terpaksa), jadinya malah judeg dan buntu karena nggak bisa menemukan judul yang tepat buat penelitian saya. Ketika aspek psikologis udah didapat (motivasi kerja/performance appraisal) dan gambaran subjek juga udah dapet (wanita bekerja/hamil), tapi saya masih ngerasa kurang sreg dan rasanya ada sesuatu yang harus saya temukan untuk melengkapinya. Intinya saya nggak tahu apa yang harus saya lakukan terhadap tema yang sudah saya dapatkan itu. Jadi, terpaksa tema yang ini masuk folder "OLD FILES".

Saya bongkar-bongkar bahan-bahan kuliah yang saya simpan dalam satu map. Eh, nemu jurnal ilmiah yang belum saya review. Begitu baca judulnya, mendadak insipirasi itu datang seperti air yang mengalir di otak saya. Akhirnya saya mengambil tema proses kreatif dan subjeknya adalah penulis novel. Saya nanya-nanya dikit ke Amel buat konfirmasi dan singkatnya, saya harus bikin Latar Belakang yang saya masih blank banget. Rencananya sih saya mau konsultasiin dulu ini ide saya ke dosen pembimbing saya, soalnya saya ragu tema saya ini masuk perminatan Psikologi apa. Tapi, kalo mau konsultasi, otomatis saya juga harus bawa at least draft Latar Belakang Penelitian saya.

Jadilah saya selama dua hari kayak mahasiswa semester akhir yang mau skripsi; nyari jurnal ilmiah di perpustakaan berjam-jam, nyari bahasan topik saya di internet sampai eneg dan mulai menyusun kerangka berpikir. Khusus kerangka berpikir, saya membuat diagramnya dulu di otak saya. Saya bukan orang yang 'dikit-dikit harus ditulis biar jelas', saya bersyukur otak saya punya kemampuan memvisualisasikan imajinasi dengan baik. Then I use it. Baru ketika saya sudah dapat gambaran besarnya, saya mulai menggambar kerangka alur pikiran saya. You know what, gambar kerangka saya itu kebanyakan berisi teori. Jadi nggak saya pakai waktu ngetik Latar Belakang beberapa menit yang lalu haha. Which also tells you that I don't use any outline for writing the background of my research :] The outline, I guess, it's in my mind. It's just flowing and I try to keep it directed.

Sampai tulisan ini dibuat, saya masih harus belajar banyak tentang penelitian kualitatif. Saya masih belum ada gambaran jelas tentang teknik yang satu ini dan saya harus tahu kalau mau lulus mata kuliahnya. Doakan saya!


-- -- -- -- --

Di sela-sela kehidupan saya yang sangat menyesakkan, saya sempet-sempetin buat update berita tentang New Moon. Selain tanggal rilisnya, berita ter-hot adalah original soundtrack-nya yang udah resmi dirilis tanggal 16 Oktober kemarin di USA. Beberapa hari sebelumnya saya udah sempet hunting beberapa track yang beredar di internet. Nggak lengkap sih, soalnya beberapa lagu ternyata nggak ada dan kayaknya bener-bener diciptain buat New Moon.

newmoon-ost-art

Sedikit kecewa soalnya Paramore nggak ikut berpartisipasi di album OST New Moon, padahal pas di Twilight mereka keren banget. Asumsi saya sih, karena mereka lagi promo album baru. Takutnya bentrok kali ya sama jadwal promo New Moon, jadi mereka harus pilih salah satu gitu kayaknya *sotoy abis!*. Bagi yang belum tau, ini nih track list original soundtrack New Moon:
  • DEATH CAB FOR CUTIE — MEET ME ON THE EQUINOX
  • BAND OF SKULLS — FRIENDS
  • THOM YORKE — HEARING DAMAGE
  • LYKKE LI — POSSIBILITY
  • THE KILLERS — A WHITE DEMON LOVE SONG
  • ANYA MARINA — SATELLITE HEART
  • MUSE — I BELONG TO YOU (NEW MOON REMIX)
  • BON IVER & ST. VINCENT — ROSYLN
  • BLACK REBEL MOTORCYCLE CLUB — DONE ALL WRONG
  • HURRICANE BELLS — MONSTERS
  • SEA WOLF — THE VIOLET HOUR
  • OK GO — SHOOTING THE MOON
  • GRIZZLY BEAR — SLOW LIFE
  • EDITORS — NO SOUND BUT THE WIND
  • ALEXANDRE DESPLAT — NEW MOON (THE MEADOW)



Anyway
, album baru Paramore yang berjudul Brand New Eyes keren banget!!!!!!!!!!! I've got the full album and Ignorance is sooooo damn awesome!!!!!!!! I can listen to it more than 10 times a day. That song is addictive :D They're getting better I guess, more mature in arrangement and the lyrics. Hayley's voice is just as usual but with better technique. They're just ROCKS!

I know I'm not gonna quit from them, they're my long-lasting rockstar :]


-- -- -- -- --


Saya punya harapan yang sebaiknya saya jadikan doa saja sekalian. Baca baik-baik.

Apabila semua penderitaan ini berakhir, saya akan:
1) DVD marathon
2) Namatin The Mediator (which means I gotta buy MP4 player soon)
3) Spending quality time with my lil bro and Mao
4) Nonton bareng BLM sista (or maybe just mbak Anty hehe)
5) Beli DVD Gossip Girls 2 season sekaligus
6) Try any cookies/main dish recipe
7) Being lazy for a week or so ;]

Kabulkan doa hamba-Mu ini ya Allah. Amin.


Kamu punya doa yang sama seperti saya? Oh nggak ya? Trus apa dong doa yang akhir-akhir ini sering kamu panjatkan pada Sang Pemberi Kehidupan? Cerita-cerita ya :]

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin