Tuesday, 11 November 2008

Recto Verso


Penulis Dee
Penerbit Goodfaith Production


Bila sebuah ulasan atau review di sebuah surat kabar ternama Surabaya mengatakan bahwa kumpulan cerpen karya Dewi Lestari atau sosok bernama pena Dee ini sebuah curhat cinta, maka saya akan menyebutnya sebagai kumpulan prosa terindah dan inspiring yang pernah saya baca.

Herannya, saya kagum banget sama Dee yang dengan menyebalkannya (hehe) sukses menulis sejumlah cerpen yang bener-bener cerpen alias cerita pendek. Nggak sepanjang 4 atau 7 halaman kayak di majalah-majalah tapi bisa cuma 2 lembar atau sekitar selembar kertas A4 kalau diketik. Sedangkan saya, judeg abis kalau harus disuruh nulis cerita dengan 'kapasitas' yang sempit dan begitu menyiksa seperti itu hehe.

Specialnya kumcer Dee ini, selain ditulis dalam bahasa ibu (Indonesia maksudnya), ada juga yang ditulis dalam bahasa asing alias bahasa Inggris. Ya, ada dua cerpen Dee yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa yang digunakan bukan bahasa slang non-formal yang kerap didengar di TV tapi
-->, menurut saya -->, menggunakan bahasa sastra yang kedengarannya indah banget kalau dibaca.
Tema cerita yang diangkat Dee dalam kumcernya mayoritas memang sekitar percintaan dan romansa. Tapi nggak picisan atau bahkan dangdut (Ha-Ha). Sekali lagi, kelihatan elegan dan indah banget deh pokoknya begitu baca cerita yang ditulis oleh Dee ini. Setiap cerpen disertai pula dengan lirik lagu (lagunya bisa didengarkan di CD yang dijual terpisah) yang menggambarkan cerita yang ditulisnya. Topnya lagi, tulisan-tulisan indah karya Dee ini juga disertai dengan foto dan gambar ilustrasi (what a beautiful pics!).

Mengutip kata-kata yang tertera di bagian kata pengantar yang ditulis oleh 'orang-orang penting' yang turut serta mewujudkan karya Dee yang satu ini; karya seni ini patut dipertimbangkan bagi para pecinta buku (khususnya buku Indonesia). Pembaca nggak cuma disuguhi cerita yang ditulis dengan apik, tapi juga bisa menikmati ilustrasi-ilustrasi indah di celah-celah halaman buku, serta mendengarkan suara Dewi Lestari (yang tidak usah diragukan lagi) menyanyikan lagu-lagu yang liriknya dikembangkan menjadi cerita dalam 'Recto Verso'. I told you, it's a work of art.

No comments:

Post a Comment

I'd love to read all your sweet comments.
Please leave it on the box below and I'll reply as soon as I can :)
Have a nice day! x

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin

Share